Imagine there's no your girl, so it's happy if you try


Selasa, 13 Desember 2011

*PETAKA 13*

PETAKA TIGO BALEH
13 KUTUKAN KOSMIK (Kegiatan Orientasi Mahasiswa Teknik {Universitas Andalas 2004})
  1. Senior yg dipertuan agung, raja diraja, ninik mamak, cadiak pandai, alim ulama, suluah bendang dalam nagari, tidak dipanggil dengan sebutan Kakak, Abang, Mas, Mbak, apalagi Papi atau Bokap. Melainkan dipanggil dengan sebutan Uda dan Uni. Setiap bertemu, berpapasan, beradu pandang, bertemu muka dengan senior, wajib disapa dengan wajah ramah dan penuh senyum. Senior wajib dihormati, disegani dan wajib menjalin hubungan baik dengan semua senior, baik dengan berkomunikasi, berbincang-bincang dan mengisi buku suci. Bahasa resmi yang dipakai dalam perbincangan dengan senior di teknik adalah bahasa minangkabau.
  2. Tidak diperkenankan membawa segala jenis hape, baik nokia, ericcson, sony ericcson, motorola, hape tembak, hape pinjam, pager, alat komunikasi, arloji, maupun senjata, seperti senjata tajam, senjata tumpul, senjata api, senjata biologis, senjata kimia, senjata fisika, granat, baik granat tangan maupun granat kaki, ranjau darat, ranjau laut, ranjau udara, segala jenis bom, baik bom bali, bom mariot, bom atom ataupun segala sesuatu yang dapat dijadikan senjata atau alat pembunuh massal.
  3. Dilarang membawa kendaraan pribadi, kendaraan punyo abak, punyo amak, punyo adiak, punyo mamak, atau kendaraan kantor, seperti mobil, sepeda motor, mesin giling, alat berat, alat ringan, helikopter, kapal terbang, kapal laut, kapal selam, kapal apung, kapal nelayan, becak dan gerobak, baik yang beroda maupun yang tidak beroda. Tidak boleh juga, diantar oleh siapapun baik Bokap, Nyokap, mami, papi, uda, uni, kakak, adik, etek, angku, Mak etek, Mak uniang, sodara kandung, sodara tiri, sodara sepersusuan, ataupun oleh nenek, baik nenek moyang maupun nenek lampir.
  4. Dilarang pake perhiasan, lipstick, calak, eye shadow, kutek, inai, segala macam kalung, cincin, segala macam gelang, anting, barang mewah, brg curian, brg milik tetangga, seperti emas asli, emas palsu, emastasi, harta karun, aksesoris seperti jam tangan, jam dinding, jam gadang, jamRud, JamRet, telpon genggam, telpon rumah, telp. koin, telp. kantor, telp. mainan, topi, baik topi baja, topi baret dan brg2 lain, kecuali yg disuruh senior. Berlaku baik untuk pria dan untuk wanita.
  5. Dilarang pake sandal, baik sandal jepit ataupun sandal bolong, carvill maupun swallow, dan tidak boleh memakai pakaian berbahan jeans dan baju kaos, baik kaos oblong ataupun kaos berkrah. Haram hukumnya memakai pakaian org lain, spt pakaian Adik, pakaian transparan, pakaian yang mencetak tubuh, pakaian gelandangan, atau pakaian nenek yang dapat memperlihatkan bentuk tubuh. Pakaian resmi yang boleh dipakai ke kampus adalah baju kemeja, singlet,celana dasar bahan dan sepatu dan kaos kaki untuk cowo', serta baju kemeja, rok kain model A dan sepatu serta kaos kaki untuk cewek. Kelengkapan lain yang diwajibkan oleh senior, wajib dipakai.
  6. Dilarang berprilaku mamaik, kagadang-gadangan, sok paten, mati karancak'an, mantiak, atau melakukan prilaku menyimpang seperti memegang lawan jenis, menatap penuh harap pada lawan jenis, membelai belai ataupun melakukan perbuatan yang bertentangan dengan norma teknik, norma agama dan adat nagari minang.
  7. Dilarang memanjangkan rambut, atau memelihara segala macam bulu2an yang dapat menggganggu penglihatan senior, seperti kumis, jenggot, jambang, takujeng (tak kumis tak jenggot), bulu tangan, bulu perindu, bulukan, dan bulu2 lain yang dapat meresahkan senior
  8. Dilarang menarik perhatian senior, mengelukan senior, menggoda senior dengan cara apapun, seperti membasah basahi bibir, menjilat jilat bibir, senyum dikulum, membasah basahi lidah, mengoyang goyangkan pantat, mengeluarkan desahan desahan maut seperti aaaaahhhh, ihhhhh, uhhhhh, membusungkan dada, membusungkan perut, baik secara lahir maupun batin atau dengan cara cara lain seperti santet, pelet, kacang piriang, babi ngepet dll yang dapat membuat senior memanjat dinding dan berlama lama di WC
  9. Dilarang membawa segala macam surat, baik surat sakti, surat tanah, surat nikah, surat dukun, baik dukun beranak maupun dukun tidak beranak, memo rektor, dan surat2 lain yang dapat membahayakan senior.
  10. Dilarang menghisap segala sesuatu yg mengganggu mata seperti rokok, ganja, mariyuana, nikotin apalagi menghisap Jempol, baik jempol Kaki maupun jempol tangan atau segala sesuatu Yang berbentuk JEMPOL !!!
  11. Dilarang sakik sakik, rangkik-rangkik, patah-patah, mengigau atau mimpi yg aneh aneh, seperti mengajak kencan senior, mimpi basah, mimpi kering apalagi mimpi yang sempurna
  12. Dilarang mabuk2an, baik ringan maupun berat, mabuk darat, mabuk laut, mabuk harta, mabuk cinta, mabuk judi apalagi sampai mabuk Lagi.
  13. Dilarang MEMINUM SEGALA SESUATU YG DAPAT MEMBERI tenaga ekstra, seperti kuku bima TL, TI, TE, TM, TS, kado ultah mama, susu kuda liar, dan susu lainnya yg dapat meningkatkan nafsu makan ataupun nafsu tak terkendali
Kutukan ini berlaku sejauh jauh mata senior memandang dan berlaku sejak ditetapkan sampai dicabut kembali.

Senin, 05 Desember 2011

MANGKUTAK DI NEGERI PROSALIRIS

KESUKUAN DAN LIRISISME “PAPA” :

SEKUMPULAN PUISI MANGKUTAK DI NEGERI PROSALIRIS



Oleh : Andhika Dinata





“ketika penyair menyatukan dirinya dengan alam sambil berdialog, kemudian terjadi keakraban. Batinnya luluh jadi alam itu sendiri. Ia jadi alam itu sendiri”.

-- Rusli Marzuki Saria





MANGKUTAK adalah sebuah tokoh kaba Minangkabau yang populer dalam cerita rakyat “Sabai Nan Aluih”. Mangkutak adik bungsu Sabai, seorang bujang pemalas, kerjanya setiap hari bermain layang-layang. Kehadiran Mangkutak telah dikaba-beritakan, dipentaskan dalam banyak tradisi dan pertunjukan. AA Navis, Wisran Hadi, Hamid Djabbar bisa disebut tokoh budaya yang paling gemar melakonkan “Mangkutak” dalam epika karyanya. Nah, penyair Rusli Marzuki Saria juga turut meramaikan ikon Mangkutak, tokoh kaba Minangkabau yang cukup tersohor itu. Lewat karya puisinya Rusli memberi cerminan bahwa Mangkutak layak diekstradisi ke dalam tokoh prosais. Lewat itu pula ia meretas buah karya “Mangkutak di Negeri Prosa Liris”.



Dalam bait puisi Rusli berniat melanjut dan memuat kaba Mangkutak dalam larik puisi. Intensitas Mangkutak yang ditokohkan tak sedikitpun berkurang. Sosok Mangkutak tetap digambar sebagai tokoh yang gemar bermain layang-layang, pagi sore menghabiskan waktu di teras halaman, mabuk kuda melajang bukit di terik nan siang. Nah, kekuatan ide –dengan tidak mengurangi keasliannya– diraba, disorot, diasah Rusli dalam puisinya itu. Kehadiran Mangkutak yang semula menjadi ikon tokoh yang “pincang karakter” ditaja dalam sudut pandang berbeda. Hadirnya Mangkutak digambarkan sebagai tokoh periang, jenaka, dan inspiratif.

aku simangkutak pulang petang. setelah bermain layang
layang
seharian. awan kelabu terbang rendah di kaki perbukitan
nun
di sana. lama kucari jejak di pematang gelanggang
alangkah
ramai
 semusim tuak tua semusim aduayam silangkaneh
alangkah
ganasnya
sabai, sabai..., sabai...
.........................

 [“mangkutak”, 1997]



Hadirnya Mangkutak yang hantu layang-layang menyimbolkan sesosok muda yang tangkas, penuh kegairahan, acuh dari kegundahan, dan belenggu persoalan. Entah dalam tatanan realita sosok itu ada atau tidak, namun kehadiran Mangkutak di Negeri Prosaliris sepertinya menarik untuk dibahas.

*
Kesukuan dan lirisisme sajak-sajak Rusli lebih banyak berbincang pada suara alam: ringkik kuda, padang ilalang, rona hutan dan kebun sawit. Kedekatannya dengan alam dipetik dari falsafah Minangkabau “Alam Takambang Jadi Guru”. Alam yang lebar tercipta untuk dimaknai hadirnya, diresapi karsanya, direlung batinnya. Corak lirik yang ditulisnya tidak tanggal dari tradisi dan unsur-unsur “keminangan”. Membaca sajak-sajaknya seperti menyibak alam Minangkabau. Keindahan sawah nan lapang, lurah nan dalam, alam nan lebar, bukit nan tinggi.

gelagah padang ilalang
jauh mata memandang sawah lapang
gumam tengahhari matahari terik
rambutmu tergerai pantun menyimpan larik

[“gelagah padang ilalang”, 1998].

Membaca sajak-sajaknya juga seperti menggerus sejarah masa lampau. Kenangan yang lalu, tembang yang syahdu.

mengembara di setiap lembah
tanah airku
tanah airmata bunda
kutimba airmu di telaga jernih gunung
musim datang berganti
kau juga setia berdiri dekat kandang
aku rindu jenderal soedirman yang ditandu
membaca lagi laporan dari banaran
surat-surat dari naira
renungan indonesia sjahrazad
di bawah bendera revolusi
madilog yang lahir dari minangkabau masa lampau
.........................

 [“rindu one jo abak”, 2002]

Ciri khas dari Rusli yaitu penggambaran sajak yang dekat dengan diri-nya. Rusli bercerita, berkaba, menata tembang pengalaman dari halaman ke halaman. Ia menyimak musim, menantang matahari, bergumul di hutan, bernyanyi di pematang: menyatu dengan alam. Dari alam itu ia memungut kata. Dari kata terpijarlah estetika. Kata dan estetika sengaja dicari dan dikembangkan lewat nalar kreatif. Intuisi penyair. Nyaris tak ada batas antara penyair – alam – dan intuisinya itu. Rusli membuka jarak lebar-lebar dengan alam dan apa yang ada di dalamnya. Hadir di kebun sawit ia menulis “aku rindu bansi menjerit di kebun sawit”, bergumul di hutan ia menulis “kau kijang aku rusa”, menyoal sengketa ulayat ia menulis “seorang petani membawa luka”, di meja hidang sekalipun ia menulis “meja makan malam kedai nasi padang”.Sajak-sajaknya berumah dan melimbubu dari teks situasi, imaji, dan pengalaman-pengalaman itu.

“di negeri prosa liris” (1999) ia bergumam enam puluh tiga tahun usia, dan kata, baginya, terbungkuk membawa beban pengertian. Arus modernisasi telah merambah ladang, sawah, dan hutan si mangkutak. Pelan dan perlahan kemajuan pola pikir dan arus modernisasi menjelma pagoda raksasa yang tak lagi dapat dibendung. Angka statistika penduduk bergerak linear berderet-berjejer-berputar sepanjang waktu. Populasi orang memadat dan mendesak dalam ruang. Dan si “mangkutak” yang telah terjamah era moderat tetap hadir sebagai sosok yang rindu bunyi saluang dan rabab. Ia tak tergusur roda zaman, angin globalisasi, kemajuan ekonomi, dan modernisasi yang canggih dan hebat.

di negeri prosaliris aku bergumam enampuluhtiga
tahun dan kata
kata terbungkuk membawa beban pengertian
nenekmoyangku
teruka ladang dan sawah industri entah di mana. lalu
engkau
menghafal buku buku ekonomi negara maju dalam
semalam acara
global masuk kamar lewat televisi. kamar kamar
sumpek bagai
sarang kepuyuk seperti ratusan juta penduduk negeri
ini. barangkali tuan malthus saja tersenyum
di negeri prosaliris aku bercinta dengan seksama lalu
jadi
sentimentil pada saluang dan rabab
.........................

 [“di negeri prosaliris”, 1999]

Dalam “aku tulis namamu” (1997) kita temukan rekaman imaji Rusli dari pengalaman hidup yang keras dan cadas. Sebagai mantan perwira polisi (Brimob) ia akrab dengan desis suara bazooka memecah panser di medan pertempuran. Rusli muda juga pernah merasakan getirnya perjuangan, suasana militer yang mencekam, namun sarat makna persaudaraan. Rekam peristiwa historik itu diurainya dalam snapshot ini.

aku tulis namamu dalam simbolik zamanku yang berat
di penghujung abad ke-20 sebentar lagi tamat
denyut jantung erangan nafas dan mata pemberontak
terbeliak di tapal batas kehidupan sehari-hari yang berat
aku kenal kamu di benteng terakhir perang saudara
ketika peluru bazooka memecah panser di lembah itu
.........................

[“aku tulis namamu”, 1997]

**
 “belajar duduk seperti alif bata” kita menyibak aspek ruhani sufistik. Sajak seperti ini mengingatkan kita pada karya besar sufi Jalaluddin Rumi dan Farid al-Din Attar. Rusli bertasawuf diri lewat karya puisi. Tasawuf diartikannya sebagai inti hakikat. Ia ingin duduk seperti alif: duduk-berdiri. duduk-berucap, duduk-bersujud, duduk-membumi, duduk-melebur dengan Yang Maha Esa, pemilik Cinta Yang Agung.  Rusli merindu semua itu, ia ingin merelung, melepas diri dari belenggu menuju alam kesejatian.

belajar duduk
seperti alif bata
menghadap mihrab

ambil pisau
putus tali tali
pisahkan
rohani
manusiawi.


 [ “belajar duduk seperti alif bata”, 1982]

Sajaknya yang lain “dari musdalifah bergetar perjalanan malam” ditulisnya dalam perjalanan spiritual menuju mina-musdalifah-arafah. Ia menulis di saat terik matahari membakar kulit membungkus api perjalanan. Tak ada yang tersisa selain kata: lelah dan lelap.

dari musdalifah bergetar perjalanan malam
mengikuti jejakmu menuju mina yang terbakar
bintang gemintang langitmu biru aku seperti tidak tahu
pada lelah. batinku terbakar diembus nafasmu berabad
abad
datang menjelang leluhur kami di timur namanya sumatera
terlintas syari’ati mendaki bukit bukit batu yang tidak
pernah
takluk. adabiah al adabiyah telekung ganih zaman
sangsai
.........................

[“dari musdalifah bergetar perjalanan malam”, 1997]

Rusli dengan kenangan dan tembang-tembangnya menyisir pantai, menyibak rumah-rumah kehidupan. Ia luluh dalam gelap. memancar dalam terang. menggetar dalam dentuman, menghanyut dalam renungan. Dalam gelap, dalam terang, dalam dentuman, ia memuisi dan merona, berjibaku dengan monolog-monolognya itu. Kita lihat pada bait

aku ingin benar melupakanmu. di gelap cahaya
dan angin menusuk lambungku ngilu. sebuah drama
tragik aku ingin lusuh bersamanya. tempohari aku
betul rapat denganmu seperti daging dengan kuku
lalu kita berbenah dan berumah di pantai sana
.........................

 [ “aku ingin benar melupakanmu”, 1999]


Sajak yang ditulis di usia senja tak menunjukkan penurunan kualitas atau kadar kebernasan. Rusli sama sekali tak menunjukkan “kepapaan” dalam menulis dan berkarya. Bahkan di sela kesenjaannya ia masih bisa mengukir lirik romantik seperti dalam “aku bayangkan kamu” (1998).

aku bayangkan kamu di tingkat dua
kamar perpustakaanku
beranda senjahari
angin lindap terlintas
rambut nafasmu sesak sampai batas
cakrawala jauh
cerca terpaan paling terkena dalam hidup kita
ketika sebuah kejujuran terungkap jendela terbuka
kita diam. menarik diri masing-masing
.........................

atau bait “aku mengenangmu kembali di suatu pagi” (2007)

aku mengenangmu kembali di suatu pagi
kemarau barangkali kan panjang karena kulihat
awan memanjang
pematang kita yang lurus jemarimu yang kurus
adakah igau dalam kokokayam penghabisan
erang nafasmu sepanjang subuh gemintang
.........................

“ketika penyair menyatukan dirinya dengan alam sambil berdialog, kemudian terjadi keakraban. Batinnya luluh jadi alam itu sendiri. Ia jadi alam itu sendiri”. Rusli benar-benar membatin dalam filosofinya itu. Tak banyak yang setia berkarya hingga terus dan lama. Ia salah satu yang tetap ada. Adanya “Papa” Rusli Marzuki Saria di perpuisian nusantara telah menorehkan warna bahwa dunia puisi dan persajakan tak harus lengang dari prinsip-prinsip kebudayaan. Ia (justru) hadir untuk meramaikan khazanah budaya lengkap dengan unsur-unsur pengayaan yang ada di dalamnya.

Sebagai penyair Minang, Rusli telah berhasil mengangkat tatanan tradisi dan “keminangan” yang kuat. Lewat tema yang bergumul pada “Mangkutak” dan “Parewa”, Rusli bercerita, berkaba, menata tembang pengalaman dari halaman ke halaman. Ia menyimak musim, menantang matahari, bergumul di hutan, bernyanyi di pematang: menyatu dengan alam..

***

HALUAN, 04 Desember 2011

Nb : gelar "Parewa" biasa ditujukan  pada sampah masyarakat ( pemabuk, penjudi dan sebagainya )

Code ARMAX Harvest Moon: A Wonder Life Special Edition

Master Code
HT50-BFBC-H0KHM
HMN8-82X4-7E5VT
Master Code
FVUC-188R-GP3FC
EM3Q-DQBT-26PWB
Master Code
BNRB-EGKN-6C5KX
E47A-4PWQ-52JJU


( coba salah satu Master Code diatas)
Uang Full (99999)
U095-PCBZ-ZN9F6
TVMQ-D788-HMHAD
Semua Alat
P2DM-8U7E-74N87
3G1T-QUBV-VE678
3PZ3-GCEX-ANVK3
198E-2832-PRP2B
 Tampa Rasa Lapar
6AUF-7D7R-XGA5K
4DHW-NF20-BVTTC
Tampa Lelah
CT77-RRD2-PF6GN
0EV7-8E53-JYVHC
WQ93-DPTM-RUY40
Tersedia 1000 fodder
UA7Y-NH2M-BX59G
H3CF-VUXV-W2PV6
Hati Anjing Full
PYW6-JNFT-YGCCD
85FT-N3PB-BBZPE
Training  Anjing Maksimal( Tidak dapat di lihat pada layar)
CYXT-6TF5-GQ1FC
9U8F-A5UE-5W1CX
4Y5Q-TVFT-5TNE5
1W2M-2NEB-3K04G
Ladang Tidak Perlu Disiram
77KC-HWHG-16KVE
PMBD-ECYD-J1CGG

PENGENALAN TOKOH

Bersosialisasi dengan penduduk desa sangat membantu untuk memperoleh resep masakan maupun beberapa alat yang bisa anda peroleh gratis dari mereka jika rajin memberikan hadiah untuk mereka hinngga mereka menyukai anda, berikut tokoh – tokoh dalam Harvest Moon : A Wonderful Life ini :

TAKAKURA
Teman baik ayahmu ini tinggal di pertanian bersama denganmu. Ia juga akan menjual hasil pertanianmu ke kota jika kamu menaruhnya di Food Storage. Takakura paling mudah dikenali karena ia berwajah Jepang dan kulitnya hitam terbakar sinar matahari.
Tempat Tinggal :  Tanah pertanianmu (Takakura’s House)
Kesukaan : Semua Masakan
Hadiah : Kuda (jika kau telah memikat hati gadis hingga mendapat 3 - 4 hati)
Jadwal : Lebih sering berada di Pertanianmu atau di rumahnya, kadang ia pergi ke kota membeli pesananmu. Jika hari libur tanggal 3 dan 8 juga bisa dijumpai di Spring sekitar jam 6 sore (kadang acak).

CARTER
Pria berambut coklat ini bekerja Arkeolog yang menggali situs – situs purbakala. Kamu bisa ikut menggali di situs ini jika meminta ijin darinya. Dalam bekerja ia dibantu asistennya, Flora
Tempat Tinggal : Digsite (Situs Penggalian)
Kesukaan : Milk, Mwelon, Watermelon, Fish, Cheese, Sashimi
Hadiah : Harus berteman baij juga dengan Flora untuk anjing Chihuahua.
Jadwal : Sering berada di Dig Site baik diluar maupun di dalam tempat penggalian, jika hari libur tanggal 3 dan 8 sering terlihat di pantai sampai jam 6 sore. Pagi harinya di hari libur masih berada di Dig Site.

FLORA
Wanita berambut pirang ini sering terlihat dekat air terjun dekat situs penggalian. Ia membantu Carter sebagai asistennya dan tinggal dalam tenda yang sama.
Tempat Tinggal : Digsite (Situs Penggalian)
Kesukaan : Butter, Cheese, Curry, Fish, Mushroom Curry, Hasil Pertanian kualitas S, Fossils, Clay Statues
Hadiah : Harus berteman baik dengan carter juga untuk mendapatkan anjing Chihuahua

WALLY
Pria yang senang berolahraga ini sering kamu temui di sepanjang desa sedang melakukan jogging (lari santai). Wally tinggal bersama istrinya, Chirs, dan anaknya Hugh.
Tempat Tinggal : Wally’s House dekat Blue Bar
Kesukaan : Cheese, Coins, Eggs, Milk, Sashimi
Hadiah : Wool Clippers
Jadwal : sering dijumpai disepanjang jalan desa sedang jogging, bisa menemuinya diatas jam 7 malam di rumahnya

CHRIS
Dilihat dari pakaiannya yang rapi dengan kacamata dapat dipastikan Chris adalah orang kantoran yang bekerja di kota. Chris merupakan istri Wally. Ia juga bisa meramal nasib anakmu di Chapter 2 jika kamu membawanya ke rumahnya.
Tempat Tinggal : Wally’s House
Kesukaan : Apples, Flowers, Fruit Juice, Milk
Jadwal : hanya bisa ditemui saat sore hari pukul 03.00 PM baru pulang dari kota, kadang berdiri di depan rumahnya, kadang langsung masuk kerumahnya.

HUGH
Anak Wally yang sering berkeliaran di desa mirip ayahnya. Hugh juga dapat tumbuh besar seiring Chapter.
Tempat Tinggal : Wally’s House
Kesukaan : Milk, Coin
Jadwal : sering terlihat di dekat sumur dekat Blue bar atau juga sedang lari santai.

GRANT
Pria berpakaian kantoran dan berkacamata ini sangat sulit ditemukan karena ia bekerja di kota. Suami Samantha ini mungkin bisa kamu temukan suatu hari jika ia sedang libur atu jam 8 malam sebelum ia berangkat kerja.
Tempat Tinggal :  Grant’s House samping Wally’s House
Kesukaan : Eggs, Goat Milk, Milk, Sashimi
Hadiah : Alarm Clock
Jadwal : pulang kerja dari kota pukul 12 siang dan baru berangkat kerja lagi sekitar pukul 9 malam jadi kamu bisa menemuinya diantara jam tersebut.

SAMANTHA
Istri Grant yang suka berkeliling desa. Ia selalu ingin anaknya berlaku seperti anak gadis pada umumnya tapi Kate lebih suka berjalan – jalan (Jadi ingat Nami . . . ^^)
Tempat Tinggal : Grant’s House
Kesukaan : Flowers, Milk, Sashimi
Jadwal : kamu bisa menemuinya di rumahnya atau di jalan – jalan desa. Pagi hari di atas jam 10 ada di halaman vila

KATE
Anak dari pasangan Grant dan Samantha ini berkelakuan tomboy sehingga Samantha berusaha membuat anaknya lebih feminim. Kate sangat bosan dengan kehidupan desa, hanya bermain dengan Hugh.
Tempat Tinggal : Grant’s House
Kesukaan : Coins, Curry, Flowers, Moon Ores
Jadwal : Pagi hari suka pergi ke Spring tapi juga bisa ditemui di rumahnya saat sore dan malam hari

VESTA
Pemilik pertanian Vesta yang bertubuh subur ini merupakan majikan Celia yang menjual beberapa bibit tanaman untukmu
Tempat Tinggal : Rumah di Vesta’s Farm
Kesukaan : Crystals, Curry, Earth Soup, Flowers, Milk
Hadiah : Weird Hoe (Temui Vesta antara pukul 05.30 PM sampai 07.00 PM)
Jadwal : lebih sering berada di pertaniannya, jika tidak ada biasanya lagi mengantar pesanan ke penginapan. Tanggal 3 dan 8 saat siang sampai sore hari biasanya ada di Spring.

MARLIN
Adik Vesta sangat protektif terhadap Celia. Mungkin juga karena ia naksir berat terhadap Celia. Ia bekerja membantu kakanya Vesta mengurus pertanian.
Tempat Tinggal : Rumah di Vesta’s Farm
Kesukaan : Sayuran grade S, Records, Stamina Potion
Jadwal : Temui saja dirumahnya

DARYL
Daryl bekerja sebagai ilmuwan yang melakukan beberapa eksperimen pada tumbuhan – tumbuhan. Wajahnya stress dan sedikit aneh.
Tempat Tinggal : Scientist’s House
Kesukaan : Bones, Coins, Earth Soup, Eggs, Fish
Hadiah : Seedmaker (temui Daryl di rumahnya antara pukul 5 – 6)
Jadwal : tidur sampai siang hari, setelah itu ada di rumahnya. Diatas jam 6 sore pergi menuju Spring bahkan kamu bisa menemuinya pada jam 4 pagi baru pulang kerumahnya.

ROMANA
Wanita tua yang tinggal di Mansion besar Villa dengan keponakannya, Lumina, dan pelayannya, Sebastian. Ia termask tipikal wanita tua Eropa yang suka memelihara kucing jadi kamu juga memjumpai 2 ekor kucing yang dipeliharanya.
Tempat Tinggal : Villa
Kesukaan : Clay Statues, Chrystals, Flowers, Golden Coins, Milks, Oranges, Records
Hadiah : Long-Necked Watering Can (Penyiram tanaman berleher panjang) yang akan memudahkanmu menyiram tanaman agar cepat tumbuh. Selain itu di tahun ke – 2 dia akan datang ke rumahmu menawarkan kucing liar yang ditemukannya untuk kamu pelihara.
Jadwal : sering berada di kamarnya, halaman Villa, atau di jalan dekat Villa

LUMINA
Gadis kecil yang senang bermain piano ini juga tinggal di Villa. Di versi Gamecube ia tidak bisa dinikahi tapi di versi PS2 ini kamu bisa menikahinya di akhir Chapter 1 jika rajin memberinya hadiah.
Tempat Tinggal : Villa
Kesukaan : Flowers, Fried Sweet Potato, Strawberry Cake
Hadiah : di Chapter 3, ia akan memberimu Sheet Music (jika kamu tidak menikahinya).
Jadwal : (lihat Bagian kencan)

SEBASTIAN
Pelayan Romana ini cukup ramah dan merupakan teman Romana sejak kecil. Ia sangat menyukai Romana dan menyimpan foto masa kecil Romana.
Tempat Tinggal : Villa
Kesukaan : Butter, Clay Artifacts, Crystals, Cheese, Eggs, Milk, Skulls
Jadwal : Bisa ditemui di kamarnya, ruang tamu Villa, halaman Villa, dan jalan depan Villa

PATRICK
Saudara kembar Kassey yang bekerja sebagai pembuat kembang api. Ia berpakaian warna biru dan suka minum di Blue Bar.
Tempat Tinggal : Firework’s House
Kesukaan : Flowers, Coins, Crystals
Jadwal : jika tidak berada di rumahnya, ada dihalaman rumah. Malam hari ada di bar sampai jam 9 malam baru kembali ke rumah.

KASSEY
Saudara kembar Patrick yamg juga membuat kembang api. Ia berpakaian warna hijau dan lebih sering berada dirumahnya.
Tempat Tinggal : Firework’s House
Kesukaan : Flowers, Coins, Crystals
Jadwal : Ada dirumah atau di halaman rumah

TIM
Pria yang sering berkeliling dunia dan menetap di Forget Me-Not Valley ini membuka penginapan bersama istrinya yang pintar memasak yaitu Ruby dan anaknya Rock.
Tempat Tinggal : Inner Inn
Kesukaan : Eggs, Flowers, Fruits, Cheese, Punch, Sashimi, Butter, Milk, Goat Milk, hasil penggalian di Dig Site
Hadiah : Stange Hoe (pergi ke kamarnya pada jam 8 pagi)
Jadwal : ada di dalam Inner Inn, kamarnya, atau di kebun dekat Inner Inn

RUBY
Istri Tim yang jago memasak ini membantu suaminya mengurus penginapan
Tempat Tinggal : Inner Inn
Kesukaan : Butter, Curry, Grapes, Gratin, Crystals, Flowers, Milk, Tomato
Hadiah :Ruby’s Spice (pergi ke dapur Inner Inn saat ruby berada di dalamnya, sekitar jam 2 sore). Hadiah ini sangat berguna jika kamu menikahi nami.
Jadwal : Berada di kamar Nami pada pagi hari jam 9 – 10, sore hari ada di dapur Inner Inn, kadang juga ada di halaman Inner Inn atau dikamarnya.

ROCK
Anak dari Tim dan Ruby ini merupakan anak yang tidak betah berada dalam rumah. Ia sering berkeliling desa sehingga pasti bisa kamu temui jika kamu menjelajah desa. Kadang kamu juga bisa menantangnya minum susu di dapur Inner Inn waktu malam hari.
Tempat Tinggal : Inner Inn
Kesukaan : Bunga Mist Moon, Fodder, Coins, Mushroom/Jamur seperti Huckberry, Kracken, Matsutake, Toadstool, juga Human Statue dari penggalian
Jadwal : Rock selalu suka berjalan keliling desa jadi pasti kamu bisa menemuinya jika sering keluar rumah. Ia bangun diatas jam 11 siang dan baru pulang kerumah diatas jam 12 malam.

MURREY
Pengemis yang tidak punya tempat tinggal. Ia lebih sering berada di Spring dan jembatan atas sungai. Ia juga sering mencuri makanan di Food Storage milikmu saat musim dingin jika kamu tidak berlatih anjingmu dengan baik. Ia berasal dari Po-Po Valley menurut pengakuannya.
Tempat Tinggal : Spring
Kesukaan : Semua yang bisa dimakan kecuali makanan dari ikan
Jadwal : selalu berada di spring dan jembatan atas sungai Vesta’s Farm

GUSTAFA
Pria yang ramah dan berpakaian aneh mirip pemain sirkus ini merupakan seorang seniman musik. Karena banyak sekali alat musik dirumahnya, ia juga suka bernyanyi.
Tempat Tinggal : Bard’s House
Kesukaan : Flowers, Curry, Mushroom Curry, semua benda dari penggalian
Hadiah : ada 2 jenis hadiah yang bisa kamu terima darinya yaitu Strange Sickle (kunjungi rumahnya di awal chapter sekitar pukul 10 pagi), dan sati set Drums (gendang), baru bisa diterima setelah menikah, dapatnya di chapter 3.
Jadwal : Baru bangun jam 9 pagi, setelah itu ada di depan rumahnya kemudian pergi menuju spring

GRIFFIN
Bartender di Blue Bar yang tidak pernah kelihatan beranjak dari bar nya. Saat tidak bekerja, ia berada dalam kamarnya
Tempat Tinggal : Blue Bar
Kesukaan : Coins, Crylstals, Fish, Mist Moon Flowers, Trick Blue Flowers, Sashimi, Golden Egg
Jadwal : berada dalam Bar atau kamarnya

GALEN
Pria tua yang sudah lama menetap di desa bersama istrinya ini sangat kehilangan istrinya yang meninggal di Chapter 2. bantulah Galen menyikat kuburan istrinya untuk bertemu dengannya.
Tempat Tinggal : Rumah dekat Blue Bar saat bersama istrinya, rumah di Grave Hill di chapter 2 dan selanjutnya
Kesukaan : Apples (semua grade/rank), Fish (Semua Jenis ikan), Fish Stew, Sayuran grade S
Hadiah : Saat Chapter 2, jika kamu berteman baik dengan Galen maka ia akan memberimu Fishing Pole G (kunjungi Galen di Grave Hill pagi-pagi sekali atau malam hari saat ia masuk rumah)
Jadwal : Saat Chapter 1 pagi hari sampai jam 12 siang ada di dekat Villa, sore hari di sekitar Vesta’s Farm, diatas jam 8 malam ada di rumah. Saat chapter 2 dan selanjutnya lebih sering berada di sekitar Vesta’s Farm.

NINA
Istri Galen ini sering sakit-sakitan sehingga di Chapter 1 sering diperiksa oleh Dr, Hardy ini meninggal saat di Chapter 2. Arwahnya akan senang jika kamu menyikat batu nisannya dalam mini games.
Kesukaan : Flowers, Milk
Jadwal : Hampir mirip dengan Galen tapi Nina sudah berada di rumah jam 7 malam.

VAN
Pria berbaju merah dan bertubuh gendut ini hanya bisa ditemui tiap tanggal 3 dan 8 saat ia berjualan di desa ini samping Inner Inn. Kamu bisa menjual tanaman liar dan hasil galian yang tidak bisa dijual oleh Takakura.
Kesukaan : Egg, Curry, Hasil Penggalian
Jadwal : tiap tanggal 3 dan 8, pagi hari ada di Dig Site, sinag jam 12 ato jam 1 membuka toko di samping Inner Inn, setelah jam 6 sore ada di halaman Villa.

CODY
Pria yang kelihatannya tidak bersahabat ini berkebangsaan jepang dan berkulit hitam terbakar sinar matahari ini sebenarnya orang yang ramah.
Tempat Tinggal : Artist’s House
Kesukaan : Bones, Eggs, Flowers, Crystals
Hadiah : Painting/Lukisan di Chapet 2 atau sebelumnya yang akan ia pasang di Living Room atau Dapur, juga Red Sickle (sabit merah)
Jadwal : Cody sering berada di halaman rumahnya tapi jika tidak ada biasanya ia ada di Turtle Swamp, pada tanggal 3 dan 8 ia juga berkunjung ke spring.

DR HARDY
Dokter yang berpakaian putih dengan senter di kepalanya ini sangat peduli pada kesehatan penduduk desa sehingga akhirnya ia pindah ke desa. Raut wajahnya cukup menyenangkan tapi seperti Cody, ia pria yang ramah dan baik hati. Ia pindah saat Chapter 2.
Tempat Tinggal : Rumah samping rumah Grant (Bekas rumah Galen) saat Chapter 2.
Kesukaan : Bones, Fish, Flowers
Hadiah : Weird Sickle (sabit bekas operasi yang diberikan jika kamu mengunjunginya jika berteman baik dengannya)
Jadwal : pada chapter 1 kamu bisa menemui dokter ini pada tanggal 3 dan 8 saat ia datang memeriksa Nina & Galen di pagi hari sekitar jam 8 dan setelah itu berada di halaman Villa memeriksa Romana. Pada Chapter 2 Dr. Hardy pindah ke rumah yang dahulu ditempati Galen dan kamu bisa menemuinya di rumah.

MUKUMUKU
Makhluk besar mirip beruang putih yang hanya ada di Spring saat musim Winter. Tidak berbahaya dan bisa menerima hadiah.
Tempat Tinggal : Spring
Kesukaan : Flowers (semua bunga), Fish, Eggs.
Bercocok tanam

Sabtu, 03 Desember 2011

Pemograman Java

Bahasa Java dapat dikategorikan sebagai sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek, pemrograman terdistribusi dan bahasa pemrograman multithrreaded. Objek Java dispesifikasi dengan membentuk kelas. Untuk masing-masing kelas Java, kompiler Java memproduksi sebuah file keluaran arsitektur netral yang akan jalan pada berbagai implementasi dari Java Virtual Machine (JVM). Java juga dianggap sebagai sebuah bahasa yang aman. Tampilan ini pada khususnya penting menganggap bahwa sebuah program Java boleh mengeksekusi silang sebuah jaringan terdistribusi. Java merupakan bahasa pemrograman pertama yang tidak terikat pada sistem operasi tertentu. Aplikasi yang ditulis dalam bahasa Java akan dapat dijalankan di mana saja. hal ini telah menghilangkan masalah yang selama ini membuat sakit kepala bagi para pengguna komputer, dikarenakan ketidakcocokan antara sistem operasi, versi, dalam aplikasi dan sistem operasi.

Tiga ide cemerlang yang menjadi ciri kesuksesan Java, yaitu bahasa, kode byte, dan virtual machine. Bahasa ini merupakan bahasa berorientasi objek yang diturunkan dari C++ dengan banyak penyempurnaan. Pada umumnya, para pakar berpendapat bahwa bahasa Java memiliki konsep yang konsisten dengan teori pemrograman objek dan aman untuk diimplementasikan. Kini universitasuniversitas di berbagai negara berpaling dari Pascal atau C++ dan memilih Java sebagai bahasa untuk belajar memprogram.

Setelah selesai ditulis, kode sumber Java harus diubah menjadi kode siap eksekusi dengan menggunakan Java Development Kit (JDK). Di sini letak keunikan Java. Java menggunakan kode byte yang portabel dan modular. Portabel karena dia bukan kode mesin prosesor (peranti keras) tertentu, justru sebaliknya dia bisa dimuat ke berbagai landasan komputer maupun sistem operasi. Dia juga modular karena tiap objek dikompilasi menjadi satu file kelas (class) yang mandiri. Aplikasi lengkap Java merupakan kumpulan beberapa file kelas. File-file kelas ini dapat disatukan dan dipadatkan menjadi file jar (Java archive).

Pada akhirnya, kode byte tersebut akan dijalankan sebagai program oleh Java Runtime Environment (JRE). Untuk masing-masing landasan komputer dan sistem operasi, tersedia JRE yang berbeda. JRE inilah yang menyembunyikan si landasan dan menyediakan lingkungan yang serupa bagi program Java agar dapat bekerja sebagai mana mestinya. Dengan strategi ini, Java mampu menjadi peranti lunak yang “write once run everywhere”.

Kunci lain kesuksesan Java adalah beragamnya arsitektur program yang didukungnya. Dengan Java Anda bisa membangun program aplikasi yang berjalan di satu komputer, program terdistribusi yang bekerja antara beberapa komputer, bahkan program mobileagent yang bisa melompat-lompat dari satu  komputer ke komputer lainnya di Internet. Arsitektur-arsitektur tesebut sangat menunjang komputasi tersebar dan paralel, sehingga Java sangat populer di kalangan peneliti dan akademik. Sementara itu di dunia bisnis, arsitektur Java yang menarik adalah applet, servlet, Java
Server Page (JSP), dan Javascript. Sejauh ini, arsitektur-arsitektur tersebut merupakan pilihan terlengkap yang bisa disediakan oleh satu alat pengembangan. Aplikasi adalah arsitektur Java paling klasik, di mana kode sumber dikompilasi
menjadi kode byte lalu dijalankan menjadi program di sebuah komputer. Aplikasi Java mampu bekerja dengan antarmuka
teks maupun grafik untuk mengerjakan

Sejarah
Pada awalnya, SUN Microsystem yang merupakan rumah dari Java, pada prinsipnya bergerak dibidang pengembangan bahasa yang digunakan dalam perangkat elektronik, pada tahun 1990. Namun, setiap produk memerlukan bahasanya sendiri. Dengan kata lain, untuk mengendalikan tiga perangkat, konsumen harus memiliki tiga remote kontrol dan memahami cara penggunaan untuk tiga perangkat itu. Hal ini menjadi tantangan bagi SUN microsystem untuk menjadikannya lebih maju yang merupakan latar belakang sebuah proyek baru yang bernama Java.

Akhirnya pada musim semi di tahun 1992, terciptalah interaktif handheld tanpa tombol, tanpa keyboard, yang memiliki layar LCD seluas 5inc dan dikendalikan dengan sentuhan tangan. Gadget ini dinamakan Star7 (*7) dengan kemampuan sebagai remote conrtol, audio player, radio, TV guide dan berbagai hiburan lain. Produk ini dibuat menggunakan bahasa pemograman yang mereka namakan dengan OAK, dikarenakan di depan jendela mereka bekerja terdapat pohon OAK yang besar. Akan tetapi, produk ini tidak berkembang, dikarenakan chips yang digunakan sangat mahal untuk dibuat dan ini sangat berpengaruh pada biaya produksi.

Betatapun bagusnya produk ini, Green team telah gagal dalam misinya karena mungkin produk tersebut tidak dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Walaupun begitu, Bill Joy seorang pendiri SUN melihat adanya kesempatan bagi Bahasa OAK untuk digunakan dalam penggunaan WEB agar lebih menjadi interaktif dan menarik. Dengan itu maka dibentuklah team dengan nama “The Live Oak” dan Ketika nama OAK ingin dipatenkan, ternyata nama itu telah digunakan oleh produk lain (OAK Technology)

Setelah diberitahu oleh pengacara bahwa nama OAK telah dipakai oleh produk lain, maka diadakan rapat untuk menentukan nama apa yang layak dipakai. Bahasa ini sangan unik, dinamis, mengasikan, revolusioner dan memiliki proses yang sangat cepat, lalu mereka bertanya-tanya nama apa yang pantas digunakan yang mencakup esensi dari berbagai kata tersebut. Salah seorang dari mereka lalu teriak “its Java ( inilah Kopi)”. Java dalam bahasa inggris bukan hanya berarti sebagai kopi ( silahkan lihat http://translate.google.co.id/ )tetapi Java memiliki makna seperti Kedai Kopi memiliki banyak jenis kopi dan semuanya nya enak. Sama seperti bahasa Java yang memiliki banyak rasa yang kesemua rasanya dapat diungkapkan dengan kata ‘JAVA’

( Dari berbagai Sumber )

peta tamuku

Powered By Blogger